theory

analysis

practice

A. Pengembangan Kualitas Pembelajaran (usaha dan dampak perubahan)

            Sekitar 5 tahun yang lalu saya melihat fenomena yang sering terjadi pada mahasiswa bahwa mereka banyak yang kurang berminat dengan pembelajaran teori sastra yang saya berikan di kelas. Hal ini terlihat dari setiap akhir pembelajaran ketika saya memberikan evaluasi berupa pertanyaan-pertanyaan dari teks yang telah mereka baca, sebagian besar tidak bisa menjawab dengan baik .Setelah saya amati ternyata ada kecenderungan bahwa mahasiswa tidak dapat membaca dan memahami teks sastra dengan cara yang baik bahkan cenderung asal-asalan karena harapan mereka saya akan menjelaskan teks tersebut. Melihat fenomena ini maka di  setiap awal perkuliahan saya memaparkan rencana pembelajaran mata kuliah  yang mencakup tujuan, kompetensi yang akan dicapai setelah selesai mengikuti perkuliahan,aplikasi dan manfaatnya setelah mereka lulus. Saya berharap dengan cara ini mahasiswa akan memiliki pandangan yang luas akan pentingnya mata kuliah ini. Untuk lebih menunjang tujuan di setiap perkuliahan saya selalu memberikan quiz, atau tugas, selain ujian tertulis maupun praktek di akhir semester. Didukung dengan pengalaman mengajar saya yang sudah 18 tahun lebih dan adanya fasilitas pembelajaran sastra yang menggunakan lab drama yang dilengkapi dengan sarana pembelajaran yang memadai karena mendapatkan program hibah peralatan dari Dikti. menjadikan perkuliahan lebih menarik dan menyenangkan. Saya berusaha membuat inovasi baru dengan merubah pola pembelajaran yang pada awalnya banyak memberikan tugas mandiri menjadi diskusi kelompok.untuk memahami bacaan sastra. Dampak dari ca 

A. Pengembangan Kualitas Pembelajaran (usaha dan dampak perubahan)

            Sekitar 5 tahun yang lalu saya melihat fenomena yang sering terjadi pada mahasiswa bahwa mereka banyak yang kurang berminat dengan pembelajaran teori sastra yang saya berikan di kelas. Hal ini terlihat dari setiap akhir pembelajaran ketika saya memberikan evaluasi berupa pertanyaan-pertanyaan dari teks yang telah mereka baca, sebagian besar tidak bisa menjawab dengan baik .Setelah saya amati ternyata ada kecenderungan bahwa mahasiswa tidak dapat membaca dan memahami teks sastra dengan cara yang baik bahkan cenderung asal-asalan karena harapan mereka saya akan menjelaskan teks tersebut. Melihat fenomena ini maka di  setiap awal perkuliahan saya memaparkan rencana pembelajaran mata kuliah  yang mencakup tujuan, kompetensi yang akan dicapai setelah selesai mengikuti perkuliahan,aplikasi dan manfaatnya setelah mereka lulus. Saya berharap dengan cara ini mahasiswa akan memiliki pandangan yang luas akan pentingnya mata kuliah ini. Untuk lebih menunjang tujuan di setiap perkuliahan saya selalu memberikan quiz, atau tugas, selain ujian tertulis maupun praktek di akhir semester. Didukung dengan pengalaman mengajar saya yang sudah 18 tahun lebih dan adanya fasilitas pembelajaran sastra yang menggunakan lab drama yang dilengkapi dengan sarana pembelajaran yang memadai karena mendapatkan program hibah peralatan dari Dikti. menjadikan perkuliahan lebih menarik dan menyenangkan. Saya berusaha membuat inovasi baru dengan merubah pola pembelajaran yang pada awalnya banyak memberikan tugas mandiri menjadi diskusi kelompok.untuk memahami bacaan sastra. Dampak dari ca